Sosialisasi GEMARIKAN, Mawar Hartopo Berbagi Teknik Budidaya Ikan

KUDUS - Sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) sedang digalakkan oleh Pemkab Kudus. Pada tahun ini, gerakan tersebut mengaitkannya dengan unsur pencegahan stunting dengan mengambil tema 'Ayo Makan Ikan untuk Menyehatkan Masyarakat, Mencegah Stunting dan Mencerdaskan Bangsa'. Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Jekulo, Kamis (5/3), Hj. Mawar Hartopo membuka sosialisasi GEMARIKAN yang diikuti 40 TP PKK Desa / Keluarahan. Kecamatan Jekulo menjadi lokasi kedua dari rangkaian sosialisasi yang dijadwalkan pada bulan Maret. 

Membuka sambutan, Mawar mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi gemarikan dapat terselenggara berkat sinergi antara Dinas Pertanian dan Pangan dengan TP PKK Kabupaten Kudus. Dirinya menyebut, GEMARIKAN sebagai langkah strategis yang erat kaitannya dengan upaya pencegahan stunting. Hal ini dikarenakan, kandungan protein tinggi dalam ikan mampu membantu pertumbuhan anak-anak, sehingga mencegah terjadinya stunting. Oleh sebab itu, dirinya mengajak ibu-ibu PKK untuk selalu menyediakan menu olahan ikan bagi keluarga. "Harus sedia ikan di rumah untuk kita konsumsi sehari-hari, apalagi bagi yang punya anak balita. Tinggal kita, ibu rumah tangga mengolah bahan makanan," pesannya. 

Berbicara soal ikan, Mawar juga berbagi sebuah teknik budidaya ikan lele yang dapat dilakukan secara mandiri dalam lingkup rumah tangga. Lewat teknik BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan di Dalam Ember), keluarga dapat membudidayakan ikan lele tanpa memerlukan lahan untuk kolam. Ia mengaku telah mempraktekkan hal tersebut selama beberapa bulan hingga ikan lele siap untuk dipanen. Hasilnya, ikan lele segar dapat disajikan untuk keluarga dan tentunya dapat menghemat biaya kebutuhan rumah tangga.

"Sekedar sharing, saya belajar budidaya ikan lele dari Dinas Pertanian dan Pangan yaitu BUDIKDAMBER. Saya pun sudah mencobanya, dari mulai benih ikan lele sampai sebesar tangan. Perwatannya pun mudah, tinggal dikasih makan kangkung yang dirajang-rajang. Manfaatnya, ini bisa mengurangi biaya belanja juga," katanya.

Camat Jekulo Wisnubroto sangat menyambut kehadiran tim sosialisasi yang terdiri dari Dinas Pertanian dan Pangan besama TP PKK Kabupaten Kudus. Dia mengatakan GEMARIKAN merupakan gerakan nasional yang telah dicanangkan sejak tahun 2004 oleh presiden. Membentuk generasi penerus yang sehat, kuat dan cerdas dengan memakan ikan yang kaya protein menjadi tujuan gerakan tersebut. Oleh karena itu, dia mengajak para peserta sosialisasi sejumlah 40 ibu-ibu TP PKK Desa / Kelurahan untuk menyampaikan pesan GEMARIKAN kepada masyarakat. "Maka disini peran ibu-ibu sangat penting dan strategis dalam menentukan menu makanan keluarga. Karena ikan ada gizi dan protein tinggi yaitu omega 3 yang sangat penting bagi kecerdasan anak," tuturnya.