Dua Line Jembatan Tanggulangin III Akan Segera Tersambung

JATI - Pemasangan Main Girder (MG7) Jembatan Tanggulangin III atau Jembatan Kolonel Sunandar C dilakukan kemarin. MG7seberat 12 ton diangkat menggunakan crane. Targetnya, line I dan II akan tersambung pada Rabu (27/02) mendatang.

Pemasangan kerangka jembatan dilakukan di sisi utara atau Demak Dalam pemasangan MG 7 ini, diturunkan dua alat berat untuk mengangkatnya. Sebelum diangkat para pekerja menyambung MG 7 dengan girder steal. Penyambungannya dilakukan secara manual.

Sesudah dipasang baut pada girder steal, dilanjutdengan pengangkatan untuk menyambungkan MG 7 dengan MG 6. Kemudian dilakukan proses pembautan pada jembatan. Tindakan pembautan dilakukan dengan cara manual. Pekerja menggencangkan baut dengan obeng. Lalu setelah mencapai 60 persen jembatan baut akan dikencangkan dengan mesin.

Teddy Hermawan selaku Humas proyek Jembatan Tanggulangin III mengatakan, pihaknya akan menyelesaikan penyambungan line I dan II dua hari. Ia akan memberlakukan pengebutan pengerjaan. Untuk hari Selasa ia akan merencanakan penyam­bungan MG 7 di sisi Kudus.

"Jika tak terkendala cuaca jem­batan akan tersambung pada Rabu," ungkapnya.

Dikron selaku Surveir jembantan mengatakan, proses penger­jaan erector atau penyambungan MG dan plat membutuhkan sebanyak 25 pekerja. Sedangkan untuk prosesnya akan memakan waktu kurang lebih lO jam. Ia juga mengungkapkan, kendala saat penyambungan jembatan adalah keterbatasan waktu penutupan jalan. Sebab yang digunakan adalah arus jalan utama.

"Kendalanya kami dibatasi waktu untuk melakukan penu­tupan jalan," ungkapnya.

Dia juga menuturkan, rangka jembatan yang dialasi kayu baloknantinya akan diganti. Ia akan mengganti alas tersebut dengan karet khusus jembatan.

Sementara pengalihan arus masih tetap dilakukan. Kendaraan dari arah Demak menuju Kudus dialihkan sementara di sisi timur Jembatan Tanggulangin.

#Seputar Infrastruktur