Silaturahmi Dengan APSI, Hartopo : Maksimalkan Tupoksi APSI Kabupaten Kudus

KUDUS - Bupati Kudus H.M. Hartopo menerima silaturahim Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) cabang Kudus di Peringgitan Pendopo Kudus, Jumat (29/10). 

 

Selain bersilaturahmi, Suyanto, Ketua APSI Kudus menyampaikan bahwa APSI dan PGRI juga mengutarakan niatnya untuk melakukan kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. 

 

"Kami mohon dukunganya untuk melaksanakan webinar dengan tema 'Hari Guru Nasional' yang akan dilaksanakan selama satu bulan untuk layanan kepada para guru," ucapnya. 

 

Menurut Suyanto, dibentuk APSI ini untuk meningkatkan mutu, khususnya di bidang pendidikan yang ada di Kabupaten Kudus. Ia berharap organisasi yang baru berjalan ini dapat dirasakan manfaat serta perannya di Kabupaten Kudus. 

 

"Intinya seluruh pengawas sekolah dengan jumlah 63 pengawas yang ada di Kabupaten Kudus, mulai dari SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/PGRI dan SMK, wadahnya di APSI Kudus, Semoga dapat memberikan manfaat untuk sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Kudus dari segi pengawasan akademis, dan managerial kepala sekolah," harapnya. 

 

Sementara itu, Bupati Kudus H.M. Hartopo mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan silaturahmi dari APSI dan PGRI. Pihaknya juga menyinggung terkait tugas pokok dan fungsi dari APSI. 

 

"Terimakasih atas waktunya dalam silaturahim ini, Kami berharap APSI Kabupaten Kudus lebih memperdalam terkait tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dari APSI itu sendiri sehingga kedepan dapat memaksimalkan SOP yang harus dikerjakan," ucapnya. 

 

Hartopo juga mendukung dengan adanya pembinaan kepada para guru dan kepala sekolah sebagai salah satu SOP. 

 

"Dua tugas pokok dari APSI secara akadesmis dan managerial adalah melakukan pengawasan dan penilaian kinerja pada guru serta kepala sekolah, sehingga pembinaan guru dan kepala sekolah juga perlu dilakukan mungkin satu bulan sekali agar selalu memaksimalkan kinerjanya," katanya. 

 

Selain itu, Hartopo juga mengatakan perlunya Komite sekolah dalam ikut andil dilingkungan sekolah. 

 

"Komite sekolah juga perlu diajak diskusi, duduk bareng dimeja untuk memberi masukan atau usulan, Jadi jangan hanya mengawasi kepala sekolah dan jajaran tapi komite sekolah juga harus diajak ikut andil dalam berbagai hal termasuk penyelesaian suatu masalah," tutup Hartopo. (*)