Serahkan Bantuan RTLH, Bupati Hartopo : Semoga Dapat Membantu Perbaikan Rumahnya

KUDUS - Memiliki hunian layak adalah impian setiap orang, namun tak semua memiliki keberuntungan dapat mewujudkan impian itu dikarenakan berbagai faktor, salah satunya faktor ekonomi. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Kudus selalu hadir berupaya mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakatnya dalam hal pengentasan kemiskinan. 

 

Terbukti, sinergi yang terjalin baik dengan pihak terkait, Pemkab Kudus dapat menyerahkan bantuan renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) program dari Baznas Kabupaten Kudus. Bantuan RTLH tersebut diserahkan secara langsung oleh Bupati Kudus Hartopo bersama wakil ketua Baznas Kudus KH. Ma'ruf Sidiq kepada Sukirman dan keluarga, warga Desa Soco, Kecamatan Dawe, Rabu (7/2). Hadir juga dalam kesempatan tersebut Kabag Kesra, Camat Dawe, Kepala Desa Soco, dan pihak terkait lainnya.

 

"Bantuan RTLH ini dari Baznas Kudus yang bersinergi dengan Pemkab Kudus dalam upaya pengentasan kemiskinan dengan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," katanya.

 

Hartopo mengatakan bahwa bantuan RTLH tersebut akan digunakan untuk perbaikan rumah Sukirman yang ambrol akibat bencana longsor yang terjadi beberapa waktu lalu.

 

"Kita serahkan langsung pada Pak Sukirman, salah seorang warga yang rumahnya ambrol akibat terkena musibah longsor tanah beberapa waktu lalu. Beliau ini dari keluarga kurang mampu," ungkapnya.

 

Dirinya berharap, bantuan tersebut dapat membantu merenovasi rumah sehingga menjadi layak kembali untuk ditempati dengan aman dan nyaman.

 

"Semoga bantuan ini dapat membantu perbaikan rumahnya sehingga aman dan nyaman untuk ditempati," harapnya.

 

Tak lupa, dirinya mengimbau kepala desa setempat untuk mengakomodir wilayahnya yang memiliki potensi rawan longsor untuk dilakukan penanggulan permanen. Masyarakat pun diminta untuk melakukan pelaporan langsung terkait potensi wilayah rawan longsor pada kepala desa setempat agar masukannya dapat ditampung.

 

"Saya minta masyarakat memberitahu pada bu kades agar bisa mengakomodir wilayahnya yang berpotensi longsor untuk dilakukan penanggulan atau pemberian talud di tebing yang rawan longsor, barangkali ada anggaran nantinya," pesannya.

 

Jumlah bantuan RTLH yang diserahkan pada Sukirman dan keluarga sebesar 17,5 juta rupiah. Hal itu disebutkan oleh Wakil Ketua Baznas KH. Ma'ruf Sidiq usai prosesi penyerahan bantuan.

 

"Ada sejumlah 17,5 juta rupiah bantuan yang kami berikan. Semoga dapat membantu merenovasi rumah tinggalnya," ungkapnya.

 

Sementara itu, raut wajah haru sekaligus bahagia terpancar dari Sukirman ketika menerima bantuan RTLH. Dirinya mengaku bersyukur dengan adanya bantuan tersebut. Ucapan terima kasih pun tak luput diucapkan pada Bupati Hartopo dan Baznas Kudus.

 

"Alhamdulillah, kami ucapkan terima kasih pada Pak Bupati dan Pak Yai Ma'ruf yang mewakili Baznas Kudus. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk memperbaiki kerusakan rumah akibat longsor," ungkapnya penuh haru. (*)