Santuni Yatama, Bupati Hartopo : Semoga Bermanfaat

 

KUDUS - Bulan Ramadan merupakan bulan penuh berkah dan ampunan. Momentum bulan suci sangat baik untuk meningkatkan amalan dan ibadah. Hal tersebut dinyatakan Bupati Kudus Hartopo kala menyerahkan santunan kepada 237 anak yatim/piatu se-kecamatan Bae dan tarawih keliling di Masjid Baitur Rohim Desa Dersalam, Bae, Senin (26/4).

Hartopo menyapa para kepala desa yang turut hadir saat tarawih keliling. Pihaknya mengucapkan terima kasih atas perhatian para kepala desa kepada anak yatim piatu setempat. Hartopo menyampaikan santunan tersebut merupakan wujud perhatian Pemerintah Kabupaten Kudus kepada para yatim/piatu. Orang nomor satu di Kudus tersebut juga menitipkan para anak yatim kepada kepala desa untuk selalu dibimbing dan diperhatikan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada kepala desa atas perhatiannya kepada para anak yatim/piatu," ucapnya.

Terdapat 40 anak yatim/piatu di Desa Bae yang menerima santunan. Kemudian penerima santunan juga meliputi 7 anak di Desa Bacin, 24 anak di Desa Dersalam, 34 anak di Desa Gondangmanis, 24 anak di desa Karangbener, 29 anak di Desa Ngembalrejo, 24 anak di Desa Panjang, 24 anak di Desa Pedawang, 21 anak di Desa Peganjaran, dan 10 anak di Desa Purworejo. Masing-masing menerima 250 ribu rupiah. Meskipun dinilai sedikit, pihaknya berharap santunan dapat bermanfaat bagi para penerima.

"Kami memberikan sedikit santunan ini semoga dapat bermanfaat," ujarnya.

Hartopo pun mengingatkan bahwa perang melawan Covid-19 belum berakhir. Pihaknya berpesan agar jemaah tidak lengah dalam melaksanakan protokol kesehatan. Apalagi menjelang hari raya idulfitri yang biasanya kedatangan keluarga dari luar kota. Pasalnya, antar keluarga tidak mengetahui riwayat bepergian antara satu dan lainnya. Sehingga, mencegah dengan menerapkan protokol kesehatan lebih baik. 

"Ingat, kita masih berada di suasana pandemi. Mohon untuk tetap jalankan protokol kesehatan meskipun dengan keluarga. Apalagi jika kedatangan saudara dari luar kota," ungkapnya.

Selain memberikan santunan kepada anak yatim piatu, pihaknya memberikan bantuan hibah sarpras peribadatan dan pendidikan keagamaan kepada Masjid Jami' Baiturrahim, Dersalam sebesar 30 juta rupiah. Kemudian pentasyarufan penerima manfaat BAZNAS berupa pembangunan Taman Pendidikan Alquran (TPA) Al-Fath El-Islami, Ngembalrejo sebesar 5 juta rupiah. Begitu juga santunan fakir miskin penerima mustahiq zakat BAZNAS sebanyak 200 orang yang masing- masing menerima 200 ribu rupiah. Hartopo mengungkapkan apresiasi terhadap BAZNAS atas kolaborasi yang baik tersebut.

"Terima kasih kepada BAZNAS atas kolaborasinya bersama Pemkab Kudus," paparnya.