Rumah Sehat Berawal dari Kebersihan Lingkungan

KUDUS - Rumah sehat tak harus mewah. Lingkungan rumah yang tertata rapi dan bersih dengan mengoptimalkan pekarangan dapat berdampak positif bagi kesehatan keluarga. Pesan itulah yang disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo ketika membuka kegiatan kegiatan sosialisasi rumah layak huni dan optomalisasi pekarangan, Rabu (15/9). 

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring di Ruang PKK Gedung Setda. Dengan menghadirkan narasumber dari OPD terkait, sosialisasi diikuti oleh seluruh TP PKK Kecamatan serta Desa.

 

Sebagai bagian dari program kerja Pokja 3 PKK, Mawar Hartopo menyebut bahwa kegiatan ini merupakan upaya peningkatan keterampilan dan pengetahuan kader dalam bidang pangan sandang dan tata laksana rumah tangga.

 

"Gerakan PKK pada dasarnya diawali dari lingkungan rumah tangga. Maka, ini sebagai upaya peningkatan keterampilan dan pengetahuan para kader," ujarnya.

 

Persepsi yang ada di masyarakat kebanyakan menganggap rumah sehat haruslah rumah mewah. Mawar Hartopo menganggap hal tersebut kurang tepat, karena rumah sehat adalah rumah yang tertata, terjaga kebersihannya, serta memanfaatkan pekarangan untuk tanaman Toga (tanaman obat keluarga).

 

"Pemanfaatan pekarangan memberi nilai tambah bagi rumah sehat. Keuntungannya bisa menambah sumber pangan sendiri, melalui pemanfaatan pekarangan optimal, pengeluaran rumah tangga juga bisa ditekan," pungkasnya.