Hartopo : Saya Selalu Berikan Pembinaan Terkait Perbaikan Kualitas Pelayanan
KUDUS - Menghadapi musim pancaroba seperti ini, Bupati Hartopo mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan. Hal tersebut dikatakan ketika meninjau pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus yang mengalami lonjakan pasien, Senin (31/10).
"Masyarakat harus waspada dalam menghadapi musim pancaroba ini. Jaga daya tahan tubuh dan imunnya agar tidak sampai drop," pesannya.
Kedatangan orang nomor satu di Kudus ke IGD RSUD dr. Loekmono Hadi untuk memastikan pelayanan berjalan dengan lancar mengingat begitu banyak lonjakan pasien yang ada di ruangan tersebut akibat perubahan cuaca ekstrem ini.
"Meninjau IGD, karena saat ini terjadi lonjakan pasien dan banyaknya bed yang sudah terpenuhi, namun pasien yang sudah di observasi belum bisa dilakukan perawatan di kamar inap, akibat keterbatasan ruang," jelasnya.
Pihaknya berharap ketika pasien telah melalui tahap observasi dan dinyatakan bisa menempuh pengobatan rawat jalan agar segera dipulangkan untuk mengurangi jumlah pasien sehingga dapat menambah daya tampung bagi pasien yang memerlukan rawat inap.
"Harapan saya ketika pasien telah melalui tahap observasi dan telah dievaluasi, jika memang diperbolehkan pulang segera untuk dipulangkan agar bisa rawat jalan saja," pesannya.
Tak kalah pentingnya, Hartopo menekankan pada manajemen RSUD dr. Loekmono Hadi agar selalu melakukan screening anti gen dan memantau protokol kesehatan dikarenakan saat ini masih ada covid.
"Jangan anggap covid sudah hilang, covid itu masih ada. Untuk itu, perketat selalu protokol kesehatan disini dan lakukan selalu screening antigen secara rutin," tegasnya.
Tak henti-hentinya, Bupati selalu memberikan pembinaan dan evaluasi terkait perbaikan kualitas pelayanan kepada seluruh pegawai di lingkungan RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus.
"Perbaiki dan jaga kualitas pelayanan, tingkatkan kualitas SDM pegawai agar semakin baik dalam melayani pasien, karena pelayanan yang baik dapat menjadi motivasi bagi pasien dan keluarga untuk memiliki semangat kesembuhan. Selain itu, jaga dan pelihara dengan baik fasilitas yang dimiliki, mulai dari gedung alkes, dan lainnya," pungkasnya.
Sementara itu, mbah Rokhim salah seorang keluarga pasien mengatakan bahwa saat ini RSUD dr. Loekmono Hadi telah jauh lebih baik dari segi pelayanannya. Dirinya mengaku mendapatkan kepuasan atas upaya peningkatan pelayanan kesehatan.
"Kualitas pelayanan sudah dibenahi, semakin baik. Inilah yang diharapkan masyarakat khususnya pasien dan keluarga. Semoga RSUD ini tetap menjaga kualitas pelayanan sehingga pasien merasa nyaman dalam berobat," ungkapnya. (*)