Melalui Konferensi Video, Plt. Bupati Lantik Kepala Sekolah dan Radiografer

 

KUDUS - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus H.M. Hartopo melaksanakan prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 344 Kepala Sekolah yang terdiri dari SD dan SMP serta 1 Jabatan Fungsional Radiografer. Pelantikan tersebut disaksikan langsung oleh Sekda, Asisten, dan Plt. Kepala BKPP Kudus serta melibatkan perwakilan peserta pelantikan yang hadir secara langsung di Command Center, Selasa (21/4). 

Para peserta pelantikan hadir di 22 lokasi yang tersebar di 82 titik yang telah terhubung dengan konferensi video pada Command Center. Usai melantik, Hartopo berpesan empat hal yang harus dikembangkan di sekolah masing-masing. Yakni penguatan pendidikan karakter, pembudayaan literasi, terpenuhinya standar minimal, dan pengembangan keunggulan masing-masing sekolah. Dirinya mendoakan agar pendidikan di Kabupaten Kudus dapat terus maju sehingga mampu mencetak SDM unggul.

"Harapanya kedapan bisa memegang amanah, dan selalu ada edukasi mengenai literasi. Harus ditanamkan budaya-budaya literasi, karena literasi ini sangat penting sekali, apalagi kondisi saat ini anak-anak baru belajar di rumah. Dari guru pun melalui video call atau sms untuk selalu memberi materi-materi untuk pengembangan, jangan sampai anak-anak yang di rumah menjadi pasif karena tidak ada pengembangan meteri-materi yang ada," ujarnya.

Hartopo menegaskan kepada para kepala sekolah dan guru untuk selalu dinamis dalam upaya peningkatan pendidikan. Dirinya meminta agar para guru dapat menampung masukan dari wali murid guna pengembangan mutu pendidikan. Kemudian, masukan-masukan yang telah diberikan agar dapat diolah sehingga menghasilkan suatu inovasi dan kreativitas. 

"Wali murid sendiri sering memberi masukan kepada guru, dan guru harus bisa menampung dan mengembangkan. Jadi jangan hanya monoton untuk materi-materi pendidikan. Inovasi dan kreativitas memang harus ada, itu yang kita harapkan," imbuhnya.

Harapan yang sama juga ditujukan kepada Pejabat Fungsional, mengingat perkembangan birokasi saat ini dan yang akan datang bertitik berat pada jabatan fungsional. Hal tersebut menjadikan para pejabat fungsional sebagai motor penggerak berjalannya pemerintahan bersih dan melayani. "Oleh karenanya saya berharap para pejabat fungsional di Kabupaten Kudus mampu melaksanakan perannya melalui tugas dan fungsinya masing-masing dengan baik," pungkasnya.