Mawar Hartopo Ajak Himpunan Perias Lestarikan Pakem Jawa

 

KUDUS - Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati Cabang Kudus diajak untuk melestarikan pakem rias pengantin adat Jawa. Pesan tersebut disampaikan oleh Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo, dalam Pelantikan DPC HARPI Melati Kabupaten Kudus, Pati, dan Rembang periode 2021-2026. Bertempat di Hotel @HOM Kudus, Selasa (30/3/2021), ketua beserta pengurus baru, dilantik oleh Ketua DPD HARPI Melati Jawa Tengah, Yati Djoko Wahyudi.

Sebagai Pelindung HARPI Melati Cabang Kudus, Mawar Hartopo menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas dilantiknya kepengurusan periode baru. Dirinya berharap, organisasi mampu melahirkan inovasi baru dalam dunia tata rias, dengan tetap menjunjung tinggi kekhasan adat dan budaya jawa. 

"Selamat kepada ketua dan pengurus DPC HARPI Melati periode 2021-2026 yang telah dilantik. Semoga mampu meningkatkan kiprah organisasi dalam dunia tata rias di daerah masing-masing," ucapnya.

Dalam konteks rias pengantin, Mawar Hartopo melihat adanya perubahan karena mengikuti arus zaman. Hal ini dikhawatirkan dapat menggerus warisan budaya riasan pengantin menurut pakem Jawa. Oleh sebab itu, dirinya meminta DPC HARPI Melati dapat berperan aktif untuk melestarikan kembali kekhasan rias pengantin pada daerah masing-masing. 

"Mengikuti arus zaman tidak harus melunturkan pakem-pakem rias pengantin Jawa. Mari kita bersama-sama melestarikan kembali adat dan budaya yang telah menjadi kebanggan bangsa Indoesia," ujarnya.

Sementara itu, Fariya Moechlas yang dipercaya kembali sebagai Ketua DPC HARPI Melati Cabang Kudus, berkomitmen untuk terus berpedoman kepada AD/ART dan aturan organisasi dalam menjalankan program kegiatan yang akan datang. Ia mengajak seluruh pengurus dan anggota supaya mampu menjaga kekompakan dan saling menghargai pendapat demi kemajuan organisasi. 

"Mengharapkan pengurus bersama anggota untuk saling gotong-royong, menghargai pendapat, dan kerja sama demi kamajuan HARPI di cabang masing-masing. Program dan kegiatan dapat berjalan optimal dengan dukungan dan kekompakan anggota," tuturnya.