Lomba PHBS Masuki Tahap Penilaian Visitasi

KUDUS - Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Rumah Tangga tingkat Kabupaten Kudus memasuki tahap Penilaian Visitasi. Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo beserta tim juri meninjau pelaksanaan PHBS pada desa yang masuk ke dalam enam besar. Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Desa Mejobo pada Senin (20/9). 

 

Tujuan utama diselenggarakannya lomba PHBS setiap tahunnya ialah untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya budaya hidup bersih dan sehat. Seperti halnya yang diungkapkan Mawar Hartopo dalam sambutannya bahwa PHBS berfungsi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 

 

"Jadi PHBS itu tak hanya berjalan ketika ada perlombaan saja, namun waijb diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dari diri sendiri, rumah tangga dan lingkungan kita," tuturnya. 

 

Usai membuka penilaian di Balai Desa Mejobo, TP PKK mengunjungi salah satu rumah sehat kediaman warga setempat. Mawar Hartopo mengapresiasi penerapan PHBS dalam rumah sehat yang dinilai telah memenuhi kriteria. 

 

"Rumah sehat memang harus betul-betul memenuhi kriteria, bukan rumah mewah tapi memang rumah yang terjaga kebersihannya. Ini sebagai permulaan (lomba) semoga lanjut terus semua seperti ini," katanya.

 

Dalam rangkaian kunjungan tersebut, juga dilaksanakan penyerahan PMT untuk ibu hamil serta kunjungan Posyandu, Kebun Gizi Tanaman Obat Keluarga, dan tempat permainan tradisional untuk anak. Hal tersebut mendapat apresiasi dari TP PKK karena selain untuk melestarikan permainan tradisional juga untuk melatih tumbuh kembang anak.

 

"Inovasi melestarikan permainan tradisional yang fungsinya biar anak tidak melulu main gadget, tapi bisa interaksi dengan teman-temannya sembari melestarikan permainan yang ramah anak," pungkasnya.