KUDUS – Peningkatan pelayanan publik menjadi salah satu komitmen H.M. Hartopo membangun Kabupaten Kudus. Pelayanan yang baik tercermin dari keramahan dan kesigapan petugas. Hal tersebut diungkapkan Plt. Bupati Kudus H.M. Hartopo didampingi Kepala Dukcapil Kabupaten Kudus Eko Hari Djatmiko saat mengunjungi Dinas Dukcapil Kabupaten Kudus, Selasa (3/3).
Selama ini, reputasi Dinas Dukcapil dalam melayani masyarakat mengurus dokumen kependudukan telah baik. Bahkan, petugas biasa melakukan jemput bola ke daerah untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK). H.M. Hartopo mengapresiasi kinerja Dinas Dukcapil yang melakukan inovasi agar pendataan lengkap. H.M. Hartopo juga memastikan agar pelayanan tak bertele-tele dan jadi tepat waktu. “Saya harap Dinas Dukcapil mempertahankan kinerjanya dengan berbagai inovasi dan dokumen cepat jadi. Biar masyarakat langsung menerima dokumennya,” tuturnya.
Keramahan petugas menjadi hal penting dalam melayani masyarakat. Menurutnya, senyuman petugas memberikan kenyamanan masyarakat. Petugas yang ramah juga membuat masyarakat menjadi tidak sungkan untuk meminta penjelasan atau bertanya. “Yang paling penting selain kesigapan adalah keramahan petugas. Masyarakat jadi nyaman mengurus dokumen kependudukan. Di saat masyarakat dalam kondisi bingung, petugas yang ramah dapat menenangkan. Keramahan petugas dapat meningkatkan kualitas pelayanan Kabupaten Kudus, “ ucapnya.