H.M. Hartopo : Meski Terkena Refokusing Anggaran, Pemkab Kudus Tetap Prioritaskan Hibah Sarpras Bagi

 

KUDUS - Rangkaian kegiatan safari Jumat sekaligus penyerahan bantuan sarana dan prasarana (sarpras) peribadatan yang dilakukan oleh Pelaksana tugas (Plt.) Bupati Kudus H.M. Hartopo terhadap rumah ibadah terus berlanjut. Kali ini, di masjid Al-Nashr desa Glagah Kulon Dawe Kudus, penyerahan sarpras peribadatan diserahkan secara simbolis oleh Plt. Bupati Kudus usai sholat Jumat (19/3).

Hartopo berikan apresiasi atas kedisiplinan penerapan protokol kesehatan oleh jamaah masjid Al-Nashr.

"Begitu disiplinya penerapan protokol kesehatan yang diterapkan oleh jamaah masjid, hingga penataan shaff pin begitu diperhatikan jaraknya, apresiasi atas kesadaran jamaah dalam disiplin Prokes," ucapnya.

Hartopo mengatakan meskipun masih dalam tahap pembangunan akibat renovasi, masjid Al-Nashr yang kabarnya berdiri sejak tahun 1950 tetap dapat dipergunakan untuk kepentingan peribadatan.

"Melihat kondisi masjid ini yang masih dalam tahap pembangunan, ditengah suasana yang asri seperti ini tak mengurangi kenikmatan kita dalam menjalankan ibadah, semoga setelah selesai pembangunan akan menambah kenyamanan dan kekhusukan kita dalam beribadah," tambahnya.

Hartopo juga menjelaskan kendala yang dihadapi Pemkab Kudus dalam pemberian hibah sarpras untuk rumah ibadah.

"Akibat terkena refocusing anggaran akibat pandemi covid-19, Kami tidak dapat memaksimalkan pemberian hibah ini. Namun tetap kami prioritaskan agar rumah ibadah secara merata mendapatkan dana hibah sarpras. Semoga dapat bermanfaat walaupun dengan nominal yang tak seberapa ini," ungkapnya.

Terakhir, Hartopo menyampaikan bahwa pengajuan bantuan dapat dilakukan secara berkala setiap 2 tahun sekali.

"Kedepanya, pengurus masjid dapat mengajukan kembali bantuan sarpras peribadatan melalui bagian Kesra syecara berkala setiap 2 tahun sekali jika dirasa masih membutuhkan stimulus untuk operasional tempat peribadatan," pungkasnya.

Sementara itu, KH. Imam Junaidi mengucapkan selamat datang sekaligus terimakasih atas perhatian yang diberikan oleh Pemkab Kudus.

"Selamat datang kami ucapkan dari keluarga besar pengurus masjid Al-Nahsr kepada Plt. Bupati Kudus H.M. Hartopo beserta jajaran, Terimakasih pula atas perhatiannya dalam penyerahan hibah sarpras bagi masjid kami yang masih dalam proses pembangunan," ucapnya.

Pada kesempatan ini, warga dan jamaah masjid terlihat penuh suka cita menyambut dan menerima kehadiran H.M. Hartopo dan jajaran, pihaknya berharap dilain kesempatan dapat kembali bertemu dalam satu kesempatan saat peresmian masjid.

"Kami bangga dapat menyambut Plt. Bupati serta melaksanakan sholat Jumat berjamaah bersama, Kedepan setelah masjid ini jadi dan diresmikan kami harap dapat kembali memanggil Plt. Bupati untuk meresmikan masjid ini," harapnya.

Sebagai tambahan informasi, Masjid jami' Al-Nashr adalah masjid pertama yang berdiri di desa Glagah Kulon dan sekitarnya, dengan direnovasinya masjid ini tidak mengurangi nilai history serta dapat menambah khusuk dalam beribadah. (*)