Hartopo Pacu IWAPI Kudus Bangkitkan Geliat UMKM Lokal

KUDUS - Pengurus Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kudus resmi dilantik dengan membawa misi pemberdayaan UMKM. Sebagai salah satu organisasi pengusaha wanita di Indonesia, IWAPI berkomitmen mendukung pemulihan geliat ekonomi di Kota Kretek. Niat baik tersebut mendapat apresiasi oleh Bupati Kudus Hartopo yang disampaikan dalam pelantikan dan pengukuhan Dewan Pengurus Cabang (DPC) IWAPI Kabupaten Kudus di Pendopo Kabupaten, Selasa (21/6). 

 

Hartopo mengajak DPC IWAPI Kudus segera bersinergi dengan seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Kudus. Khususnya untuk merangkul seluruh pelaku UMKM lokal itu sendiri. Dirinya menilai jumlah anggota IWAPI sebanyak 40 orang masih kurang jika dibanding dengan ribuan UMKM di Kudus.

 

"Dengan jumlah anggota IWAPI saat ini 40 bisa lebih ditingkatkan. Kedepannya harus bisa merangkul lebih banyak UMKM di Kudus yang jumlahnya ada 2000 sekian," tuturnya.

 

Dalam peranannya, IWAPI Kudus diminta untuk menyiapkan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang jelas untuk mencapai visi misi organisasi. Hartopo sebagai dewan pembina mendorong IWAPI agar memiliki target perkembangan pada setiap bulannya. Apabila terus berkembang, IWAPI Kudus tidak hanya bisa mengangkat UMKM namun juga bermanfaat bagi masyarakat.

 

"Harus punya PKO atau ketentuan organisasi yang jelas, sehingga bisa lebih baik, dan peran IWAPI bukan hanya wadah pengusaha wanita saja, tapi bisa berkontribusi kepada masyarakat," ujarnya.

 

Hartopo yang hadir bersama Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo, mengucapkan selamat bertugas kepada Ketua Umum DPC IWAPI Kudus untuk mengabdi selama lima tahu kedepan. Sedangkan kepada para pengurus lama disampaikan apresiasi atas dukungannya mendorong perekonomian Kabupaten Kudus selama ini. 

 

"Selamat kepada Ketua IWAPI beserta pengurus, semoga amanah melanjutkan tugas-tugas kepengurusan yang lama. Untuk periode yang sebelumnya, terima kasih atas pengabdiannya selama lima tahun," imbuhnya. 

 

Ketua Umum DPC IWAPI Kudus Noor Hani’ah, dilantik oleh Ketua Umum DPD IWAPI Jateng Wahyuningsih. Noor Hani’ah, menyatakan siap bekerja keras mengemban tugas yang sudah diamanahkan. Sesuai pesan Bupati Kudus, ia beserta pengurus segera bersinergi dengan stakeholder diantaranya dengan Disnakerperinkop dan UKM serta Kadin Kudus. 

 

"Tentunya dalam menjalankan tugas perlu bantuan semua pihak. Kami akan segera bersinergi dengan pemerintah daerah, kadin, dan berharap kedepan mendapat bimbingan serta pelatihan," tuturnya. 

 

Ketua Umum DPD IWAPI Jateng Wahyuningsih, mengungkapkan kekaguman terhadap pemulihan ekonomi di Kudus pasca terdampak pandemi. Ia menilai, hal tersebut tak lepas dari keseriusan pemerintah daerah untuk mendukung pelaku usaha. Dengan dilantiknya kepengurusan DPC IWAPI Kudus periode baru diharapkan semakin mempercepat pemulihan iklim usaha agar semakin membaik.

 

"Selamat bertugas kepada pengurus periode 2022-2027. Mari bersama-sama mendorong pemulihan ekonomi mulai dari anggota dan UMKM di sekitar kita," pesannya.(*)