Hartopo : Peran Relawan Cekatil Link Vital

 

KUDUS - Pemerintah Kabupaten Kudus simpatik sekaligus apresiasi kinerja tim pemakaman Covid-19, Cekatil Link. Tim bentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus tersebut telah bekerja keras dan tanpa pamrih. Oleh sebab itu, bertempat di Pendapa Kabupaten Kudus, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus Hartopo menyerahkan bantuan sebesar 10 juta rupiah kepada Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kudus Budi Waluyo, Selasa (1/9).

Bagi Plt Bupati, tim Cekatil Link merupakan pahlawan bagi masyarakat Kudus. Sudah banyak jenazah Covid-19 yang telah dibantu proses pemakamannya. Namun, tak sedikitpun mereka lelah maupun 'sambat'. Maka, atas dasar rasa kemanusiaan, Plt Bupati berinisiatif untuk membantu meski tak seberapa jika dibandingkan dengan jasa relawan.

"Bagi saya, mereka pejuang. Bisa saya katakan mereka adalah pahlwan Covid-19. Bantuan ini tidak akan pernah cukup, namun kami ingin mengapresiasi kinerja teman-teman relawan di Cekatil Link," katanya.

Selain itu, Hartopo juga menggarisbawahi bahwa tim pemakaman Covid-19 merupakan garda paling belakang dan justru perannya sangat vital. Ini dibuktikan dengan banyaknya permintaan bantuan kepada tim Cekatil Link dari pelbagai rumah sakit di Kudus.

"Justru mereka ini adalah yang paling penting. Banyak sekali rumah sakit yang minta tolong ke mereka untuk proses pemakaman. Peran mereka vital," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kudus Budi Waluyo mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pemkab Kudus kepada tim Cekatil Link yang berjumlah 10 orang. Budi mengaku, perhatian dan kepedulian tersebut menjadikan semangat relawan berlipat ganda ditengah kondisi yang berlika-liku. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada bapak Plt Bupati yang telah peduli. Ditengah kondisi yang berlika-liku, semoga ini menjadi tambahan moral dan semangat untuk kawan-kawan di lapangan," katanya. (*)