Hari Ibu, Momentum Stop Kekerasan Terhadap Perempuan

KUDUS - Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo, memimpin apel Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-93 Tahun 2021 di Halaman Pendopo Kabupaten, Rabu (22/12). Apel diikuti oleh Bupati Kudus, HM. Hartopo beserta pejabat di lingkungan Pemkab Kudus, dan perwakilan dari berbagai organisasi wanita se-Kabupaten Kudus. Dalam kesempatan tersebut, Mawar Hartopo menyampaikan sambutan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI sekaligus sejarah singkat hari ibu. 

 

Pada pergerakan kebangsaan kemerdekaan, peran perempuan Indonesia menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam perjuangan panjang bangsa. Keterlibatan perempuan dibuktikan melalui Kongres Perempuan Pertama 22 Desember 1928 di Yogyakarta yang telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan Indonesia. 

 

"Hakekat Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya adalah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan

makna Hari Ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa

persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan," tuturnya. 

 

Disampaikan pula isu-isu terkini yang menjadi perhatian bersama, utamanya kekerasan terhadap perempuan dan anak. Masyarakat kerap menganggap kekerasan terhadap perempuan sebagai aib di dalam rumah tangga. Hal tersebut justru membuat korban merasa rendah diri sehingga takut untuk melaporkan kepada yang berwenang. Dirinya menyarankan apabila terjadi tindak kekerasan segera lapor pihak desa setempat agar mendapat pendampingan lebih lanjut. 

 

"Disini kami mau menekankan tidak usah merasa takut atau rendah diri jika mendapat kekerasan fisik ataupun verbal. Kalau terjadi sesuatu minimal bisa lapor ke desa supaya mendapat pendampingan untuk lapor ke yang berwenang," ujarnya. 

 

Sebelumnya, lomba video kreatif bertema stop kekerasan perempuan dilaksanakan sebagai edukasi kepada masyarakat. Trofi dan uang pembinaan diserahkan kepada TP PKK Kecamatan Kaliwungu sebagai juara I, disusul BHAYANGKARI Cabang Kudus sebagai juara II,dan IWAPI Kabupaten Kudus sebagai juara III. Sementara untuk juara harapan I-III yakni PD. SALIMAH Kabupaten Kudus, HARPI MELATI Kabupaten Kudus, dan FATAYAT NU Kabupaten Kudus. (*)