Galakkan Adaptasi Kebiasaan Baru, Kader PKK Ikuti Pelatihan

KUDUS - Kader PKK Kabupaten Kudus mengikuti Pelatihan Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial (DKJPS) oleh Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia (IPKJI) Jawa Tengah. Kegiatan digelar sebagai upaya menjaga kesehatan diri, keluarga dan masyarakat di masa adaptasi kebiasaan baru. Hadir membuka acara, Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo, secara daring di Eks Ruang Rapat Wabup, Kamis (17/6).

Mengawali sambutan, Mawar Hartopo menyampaikan keprihatinan atas tingginya angka penderita dan kematian dalam kasus Covid-19. Sebagai mana yang diketahui bersama, lonjakan kasus di Kudus menjadi trending topik di media massa. Oleh sebab itu, pemerintah daerah pun tak henti-hentinya bekerja keras dalam mangatasi hal tersebut.

"Saat ini Kabupaten Kudus tengah menjadi trending topik disetiap pembahasan, hal tersebut disebabkan tingginya lonjakan angka kasus Covid 19. Berbagai elemen dan komponen dari pemerintah pusat sampai dengan daerah ikut turun untuk membantu mengatasi masalah tersebut," ujarnya.

Pandemi telah berdampak pada seluruh sisi kehidupan, tak hanya fisik namun juga mental atau psikologis. Untuk itu, langkah pencegahan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat dengan pendekatan yang tepat sangat diperlukan. Disinilah peran kader PKK dan Kader Pembangunan Manusia untuk mengedukasi masyarakat tentang adaptasi kebiasaan baru Covid 19.

"Sebagai upaya menjaga kesehatan diri, keluarga dan lebih luas lagi yaitu masyarakat dimasa adaptasi kebiasaan baru Covid 19. Untuk para kader, tak henti-hentinya dan tidak bosan-bosannya melakukan sosialisasi dan memberikan penjelasan tentang pola hidup sehat kepada masyarakat," kata Mawar Hartopo

Tak lupa, Mawar Hartopo menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada IPKJI Jawa Tengah selaku penyelenggara kegiatan. Kepada seluruh peserta, ia berpesan supaya ilmu yang didapat dapat diimplementasikan di lingkungan masing-masing bahkan dapat disebarluaskan sebagai edukasi masyarakat.

"Kepada seluruh peserta, berterima kasih atas atensi dan peran serta Bapak Ibu semua, harapan saya ilmu yang didapat nanti dapat diimplementasikan. Silakan diikuti dengan seksama dan sejelas-jelasnya, mumpung bertemu dengan pakar-pakar di bidangnya, pungkasnya.