Bupati Buka Bimtek Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dan Pengelolaan Pengaduan

Hartopo : Bekerja Harus Riil, Layani Masyarakat Dengan Ikhlas

 

KUDUS - Bimbingan Teknis Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik dan Pengelolaan Pengaduan bagi petugas layanan dan petugas pengelola pengaduan perangkat daerah atau unit kerja di lingkungan Pemkab Kudus di Buka Bupati Kudus H.M. Hartopo di Hotel Hom, Selasa (15/11).

 

Pihaknya mengatakan bahwa peningkatan pelayanan publik merupakan tantangan yang harus dihadapi bersama sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Oleh sebab itu, sebagai wujud komitmen, Pemerintah Kabupaten Kudus berupaya mewujudkan pemerintahan yang semakin handal untuk peningkatan kualitas pelayanan publik.

 

"Peningkatan pelayanan publik adalah tantangan kita bersama sebagai abdi negara, juga masyarakat. Maka dari itu, mari bersama wujudkan pemerintahan yang berkualitas dalam menyelenggarakan pelayanan publik," ajaknya.

 

Hartopo menegaskan bahwa kegiatan bimtek semacam ini jangan hanya dianggap sebagai kegiatan seremonial semata. Dirinya meminta seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Kudus bekerja dengan hati yang ikhlas dan secara riil.

 

"Acara seperti ini sudah berulang kali dan sering kita lakukan, tapi dalam peningkatan pelayanan kita masih stagnan. Harapan saya, kegiatan ini jangan dianggap seremonial saja. Karena bekerja harus dengan hati yang ikhlas dan secara riil, khususnya dalam melayani publik," tegasnya.

 

Pihaknya juga menekankan sinergitas antar OPD harus terjalin dengan harmonis. Terlebih, semua OPD harus saling terintegrasi di dalam penyelenggaraan pelayanan sebagai wujud komitmen mengabdi kepada negara.

 

"Antar dinas harus saling terintegrasi dengan baik dalam menyelenggarakan pelayanan publik. Semua demi wujud komitmen kita sebagai abdi negara untuk melayani masyarakat," pintanya.

 

Sebagai abdi negara, Hartopo meminta orientasi harus selalu fokus pada pelayanan masyarakat. Dengan demikian, untuk menghasilkan pelayanan publik yang prima, harus didukung birokrasi yang baik dan bersih serta SDM yang berkualitas.

 

"Orientasi kita harus fokus pada pelayanan publik saja, jangan berorientasi yang macam-macam. Saya minta dalam penyelenggaraan pelayanan publik harus didukung dengan birokrasi yang baik, bersih, sederhana, fleksibel, serta menerapkan tata kelola yang cepat dan SDM yang berkualitas," pintanya.

 

Usai membuka bimtek, Bupati Hartopo menyerahkan piagam penghargaan dari Kemenpan-RB kepada Dinas Dukcapil Kudus sebagai Penyelenggara Pelayanan Publik kategori Sangat Baik tahun 2021. (*)