TP PKK Gencarkan Program Keluarga Berencana

 

KUDUS - Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Kudus siap untuk lebih menggencarkan Program Keluarga Berencana (KB). Hal ini diungkapkan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo dalam Bakti Sosial Pelayanan KB di Puskesmas Ngembal Kulon dan Klinik Utama Fatimah, Kec. Jati, Rabu (21/4/2021). Kegiatan diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kartini.

Acara tersebut mendapat atensi baik dari masyarakat yang tertarik mengikuti program KB. Sementara enam akseptor yang telah melaksanakan KB selama 10 sampai 18 tahun mendapat penghargaan apresiasi oleh Mawar Hartopo beserta OPD terkait. 

"Di sini rutin setiap Sabtu diadakan program KB dan telah mendapat atensi dari masyarakat. Semua yang ikut KB tidak ada keluhan dan tetap sehat," ujarnya.

Mawar Hartopo mengatakan, bahwa angka pertumbuhan populasi anak dan pernikahan dini di Kudus mengalami kenaikan. Masalah tersebut menjadi persoalan baru yang harus diselesaikan pemerintah. Untuk itu, pihaknya sebagai penggerak PKK berkomitmen terus menggencarkan program KB ke seluruh lapisan masyarakat.

"Program KB akan lebih digencarkan lagi. Karena kemarin populasi anak dan pernikahan dini tumbuh luar biasa. Terus peran Duta Genre (Generasi Berencana) supaya  mensosialisasikan ke teman-teman sebayanya," ujarnya.

Bertepatan dengan Peringatan Hari Kartini, Mawar Hartopo juga menyampaikan pesan kepada kaum perempuan terkait emansipasi wanita. Di masa pandemi ini, wanita dituntut untuk berinovasi di segala bidang yang ditekuni, tanpa melupakan peran penting wanita dalam rumah tangga.

"Selamat Hari Kartini, semoga perjuangan kartini dapat kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari membangun keluarga berencana demi masa depan yang lebih baik," pungkasnya.