Peringati Hari Pahlawan, Plt. Bupati Kudus : Lanjutkan Perjuangan Pahlawan

 

KUDUS - Pelaksana Tugas (Plt.) Bupati Kudus Dr. Hartopo memimpin peringatan Hari Pahlawan di Halaman Pendapa Kabupaten Kudus, Selasa (10/11). Upacara terbatas yang diikuti TNI/Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan kantor Bupati berlangsung khidmat.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kudus, para Asisten Sekretaris Daerah, para Kepala OPD, dan undangan lain. Peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2020 mengusung tema "Pahlawanku Sepanjang Masa".

Dalam sambutan tertulis Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara yang dibacakan Plt. Bupati Kudus, disampaikan bahwa perjuangan di masa sekarang bukanlah di medan perang. Akan tetapi, perjuangan yang dihadapi adalah melawan permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham radikal, dan lainnya. Tak terkecuali berjuang melawan pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

"Perjuangan hari ini bukan soal angkat senjata. Namun, lebih kepada persoalan bangsa, seperti kemiskinan, narkoba, dan lainnya. Utamanya, pandemi Covid-19," jelasnya.

Lebih lanjut, Plt. Bupati Kudus menyampaikan, perjuangan para pahlawan harus dilanjutkan dan tak boleh disia-siakan oleh generasi sekarang. Apalagi, saat ini negara Indonesia tengah melakukan sejumlah pembangunan demi kesejahteraan. Oleh karena itu, harus didukung dengan semangat persatuan dan gotong royong.

"Perjuangan para pendahulu harus benar-benar dilanjutkan oleh generasi sekarang. Tak boleh disia-siakan. Maka, kita harus bersatu dan terus bergotong royong," imbuhnya.

Terakhir, Plt. Bupati Kudus meminta semangat pahlawan terus menyala di kalangan generasi milenial. Pihaknya yakin, apabila setiap anak bangsa tertanam semangat dan nilai kepahlawanan, maka pelbagai persoalan bangsa dapat diselesaikan.

"Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara. Terus nyalakan semangat kepahlawanan di tengah masyarakat," pungkasnya.

Usai upacara, Plt. Bupati Kudus memberikan tali asih kepada keluarga/perwakilan veteran sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Kudus. Kemudian, Plt. Bupati Kudus bersama Forkopimda mengikuti upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Setya Pertiwi, Kaliputu.